Berita Terkini Kota China

KEKUATAN YANG SELAMA INI TERSEMBUNYI DI MILITER TAIWAN, JEBAKAN DINDING PANTAI DAN DINDING API

Ketegangan yang berada diantara China dan Taiwan semakin menggebu, ancaman invasi yang datang dari “Negeri Panda” yang semakin hidup. Bila dibanding kan dengan kekuatan militer nya, di atas kertas China yang sudah jelas bukan tandingan negara Taiwan. ‘Negeri Panda’ mempunyai jumlah tentara terbanyak di dunia, dan memiliki budget milier nya yang hanya dapat di tandingi oleh Amerika Serikat (AS).

Di sisi lain dari itu Taiwan yang mempunyai jumlah populasi penduduk sejumlah 23 juta jiwa, perekonomian dan kekuatan militer nya sangat kecil bila di bandingkan dengan China.

Majalah Foreign Policy pada tanggal 25 September 2018, menampilka poin –poin penting dari ke dua studi baru, yang menunjukkan cara – cara di mana Taiwan di yakini dapat menghalau invasi China.

Foreign Policy yang sudah dikutip dari Taiwan News sehari sesudah nya, mengambil poin – poin itu dari makalah penelitian yang di tulis Michael Beckley, ilmuwan politik di Tufs University. Poin – poin yang juga di sertai dari keterangan Ian Easton, penulis buku The Chinese Invasion Threat : Taiwan’s Defense and American Strategy in Asia.

Kekuatan Tersembunyi Taiwan

1.Pantai – Pantai yang Berbahaya di Taiwan

Musuh utama di China merupakan kelangkaan pantai besar di Taiwan dapat di darati oleh kendaraan amfibi. Hanya terdapat di 13 pantai yang seperti itu di Taiwan dan semua nya sudah di persiapkan dengan skenario peperangan.

Easton mengatakan, bahwa pasokan cadangan lain yang dapat juga di kerahkan seperti “jaring kawat, pagar kawat berduri, ranjau darat, tembok anti – tank, rintangan anti tank, paku bamboo, pohon yang di tebang, container barang, dan mobil rongsokan.”

2.Selain Taiwan yang Berbahaya

musuh alami lain yang di hadapi oleh China merupakan Selat Taiwan yang berbahaya. Selat itu tidak sekali bahkan sering di landa oleh angina kencang, topan, kabut tebal, dan hujan plum (hujan deras berhari – hari) hampir sepanjang tahun nya.  Bila di ingat sifat cuaca yang berubah – ubah dan ekstrem di wilayan tersebut, China dapat saja menunda atau membatalkan invasi.

3.Cabut Steker “Pabrik Dunia”

Jika di ingat bisnis – bisnis yang berada di Taiwan para pekerja nya banyak orang China, penghentian mendadak semua pabrik sebelum invasi dan putuh nya pengiriman uang yang akan menyebabkan gangguan ekonomi yang signifikan. Kondisi itu di percaya dapat memicu perselisihan dan kepanikan di antara penduduk “Negeri Panda”.

4.Mata – Mata Taiwan

Suatu hal yang bisa saja luput dari para propagandis China dan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) merupaka kemungkinan bahwa mata – mata Taiwan dapat melakukan pembunuhan para pemimpin politik dan militer, juga sabotase jaringan dan listrik China Selatan.

5.Rudal

Taiwan juga lebih baik memperkuat pertahanan nya, cara nya adalah dengan mempunyai rudal jarak jauh seperti Hsiung Feng IIE. Jarak tempuh nya bisa sampai antara 1.000 – 1.500 km, ini dapat melalui Hong Kong, Shanghai, dan provinsi seperti Fujuan, Guangdong, dan Zhejiang. Rudal – rudal ini tentu nya memiliki manfaat yang efektif, karena dapat menghujani area – area di mana PLA mencoba untuk mengerahkan pasukan nya, dan begitu mereka berangkat ke laut. Taiwan juga mempunyai sistem anti rudal balistik seperti Tien Kung III buatan dalam negeri, yang dapat meluluhlantahkan rudal dan pesawat yang masuk. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *