Berita Terkini Kota China

Pandemi Covid 19 Mengeratkan Hubungan China dan ASEAN

Corona Virus Desease 2019 atau yang di kenal dengan pandemic covid 19 sudah menjalar ke semua negara di dunia. Awal mula nya virus ini bermula dari kota wuhan di china lalu merebak ke asia hingga ke amerika, dan juga eropa. Sudah sjah maret 2020 corona virus masuk ke indonesia, sudah banyak korban – korban yang meninggal akibat terdampak virus ini, tidak di pungkiri bahwa virus ini sangatkah berbahaya sekali, maka dari itu pemerintah menganjurkan untuk melindungi diri dan orang lain paling tidak selalu menggunakan masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan.

Pandemi covid 19 ini memang masih menjadi misteri kapan berakhirnya, tetapi tidak sedikit orang menyatakan bahwa dirinya tidak percaya dengan adanya andemi covid ini, karena banyaknya teori – teori yang mengemukaan bahwa pandemi covid ini tidak ada, tetapi juga ada yang beranggapan bahwa pandemi ini benar – benar nyata. Di sisi lain , banyak negara yang menyalahkan china karena china merupakan negara yang pertama kali menularkan virus tersebut ke seluruh dunia, Ekonomi anjlok turun termasuk di perusahaan – perusahaan, banyak yang terkena dampak akibat virus ini. Akan tetapi tidak akan ada ujungnya bila selalu melihat dari sisi kesalahan, maka dari itu terkhusus nya negara – negara ASEAN setuju untuk mempererat hubungan dengan china guna menyelesaika masalah ini. Untuk meminimalisir permasalahan sosial dan ekonomi, pemerintah negara serentak memperkuat kerja sama dengan berbagai negara. Misalnya saja hadir duta besar filipina untuk ASEAN, dimana dia ada dalam forum online menyatakan bahwa harus ada hubungan erat antara ASEAN dengan china.

“Sepanjang perjalanan pandemi, ASEAN dan China telah menunjukkan lagi tekad untuk membantu satu sama lain dalam kebutuhan kolektif semacam ini,” Ujar duta besar filipina untuk ASEAN, Noel Eugene Eusebio Servigon. Dalam hal ini masing – masing negara turut menyumbangkan peralatan dan kebutuhan medis ke negara yang memang sangat membutuhkan, dan juga menjadikan hal ini sebagaisarana sharing tentang perkembangan vaksin untuk covid 19 ini.

Di samping itu, duta besar china untuk ASEAN mengatakan “Bahwa masalah penguatan pemulihan ekonomi Regional merupakan masalah yang paling mendesak dan relevan untuk saat ini” Ujarnya. Lalu duta besar china untuk ASEAN Deng Xijun pun memaparkan kisah nya tentang bagaimana china dapat maju dari pandemi ini. China pun terus menerus menjaga hubungan baik dengan negara – negara tetangnna seperti singapura, kambodia, malaysia, indonesia, laos dan juga filipina. “Perekonomian China bangkit kembali mendekati 3,2 persen pada triwulan kedua dan selanjutnya naik 54,9% pada triwulan ketiga,” ujar Xijun

Karena pada faktanya china dan ASEAN mempunyai hubungan yang saling bergantung. Memang , bahwasanya pandemi ini membuat semua aspek menjadi terhambat, entah dalam sektor ekonomi, sosial dan lain – lain. Banyak yang menjadi korban akibat pandemi ini, pada saat ini china di kabarkan telah menciptakan vaksin covid 19 untuk di sebar ke seluruh dunia, china juga banyak membantu negara kita (indonesa) dalam sektor ekonomi dan kebutuhan para medis, sudah saat nya kita saling tolong – menolong, sudah tidak boleh lagi ada saling menyalahkan karena siapa yang ingin semua ini terjadi , toh tidak ada. Kita berdoa saja agar pandemi ini dapat berakhir secepat mungkin dan kita bisa menikmati dunia tanpa ada halangan sedikit pun.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *