Berita Terkini Kota China

SECARA TERBUKA DUBES CHINA YANG MENGATAKAN INVESTASI TIONGKOK DI INDONESIA

Xiao Qian selaku duta besar China untuk negara Indonesia, mengatakan bahwa sejumlah investasi negara nya berada di Indonesia. China menyimpan investasi di Indonesia di beberapa sektor. Dubes Xiao Qian yang memperbincangkan persoalan investasi dan relasi dagang yang memberikan dampak baik antara Indonesia dan China para webinar berjudul riding ups and downs : Hong Kong – Indonesia Partnership.

Pada hari Selasa (18/8/2020) Dubes Xiao Qian menyerahkan laporan bahwa, “Hari ini sudah lebih dari 1.000 perusahaan china yang sudah berinvestasi pada bidang transportasi, telekomunikasi, minyak dan juga gas, tenaga pembangkit, pengolahan mineral, ekonomi digital, dan juga lain –lain.”*.  Persoalan ini dijelaskan lebih lanjut tentang perdagangan bilateral antara ke dua negara yang mencapai USD 35,5 miliar pada tahun pertama 2020. Pada periode tahun ini dan tahun lalu, pencapain yang diraih sama.

Pertumbuhan investasi China ke Indonesia berjumlah US $ 2,4 miliar, walaupun ekonomi global menjadi menurun karena wabah COVID -19. China yang mengatakan bahwa investasi itu mencakup 1/6 total FDI (foreign direct investment) di Indonesia.

Disini, China dan Indonesia menjalin hubungan yang baik. Di bawah kepemimpinan dari presiden Xi Jinping dan presiden Joko Widodo, ke dua belah negara ini berpeluang pada belt and road initiative (BRI) dan global maritime fulcrum strategy.

Terdapat sebuah acara itu di datangi oleh para tokoh dari ke dua negara, seperti pemimpin Hong Kong Carrie Lam, wakil menteri Indonesia mahendra siregar, dan juga komisioner kementerian luar negeri china di hong kong Xie feng.

Pihak Cina menuturkan, “Pada semester 1 tahun 2020, investasi yang sudah dilakukan oleh Hong Kong berjumlah US$ 1,8 miliar di Indonesia, hal ini menciptakan daerah yang menjadi sumber dari investasi terbesar ke tiga di Indonesia.”*  

Presiden China Berharap Agar Proyek Jalur Sutra Berlajut Dan Ucapan Selamat HUT ke 75 RI

Presiden china Xi Jinping yang memberikan ucapan selamat hari ulang tahun (HUT)  ke 75 untuk Indonesia. Dia juga menyimpan harap tentang beberapa proyek strategi yang bisa terus berlanjut. Proyek strategi yang di maksud merupakan jalur sutra atau belt and road initiative (BRI). Yang menitikberatkan untuk mengatasi wabah COVID – 19.

Radio China International menambahkan, “Kedua belah pihak ini yang bersama – sama mengatasi pandemi COVID – 19, mendorong dari pemulihan produksi dan pembangunan bersama dengan sabuk dan jalan. Menjaga multilateralisme dan situasi umum dari penanggulangan pandemi bersama global, dan sudah memberikan kontribusi positif kepada kesehatan dan juga kesejahteraan rakyat dari ke dua negara juga seluruh dunia. “*.

Dukungan pun diberikan dari tokoh kabinet Luhur Binsar Pandjaitan kepada program untuk membangun ekonomi nasional. Presiden China Xi Jinpang pun menaruh perhatian yang besar kepada hubungan Indonesia. Yang di mana pemerintah China bertekad untuk memerangi dan mengatasi COVID – 19  bersama dengan Indonesia.

Tidak hanya itu, China pun memberikan seruan kepada Indonesia agar menciptakan sebuah kondisi yang baru yang di mana membuat ke dua belah negara dapat berkembang bersama – sama.

“Presiden Xi menyatakan bahwa dirinya menaruh perhatian besar kepada hubungan Tiongkok-Indonesia, bersedia berupaya bersama dengan Presiden Joko Widodo untuk secepatnya mengalahkan wabah COVID-19, bersama-sama menciptakan situasi baru pada era baru di mana kedua negara berkembang bersama untuk mencapai kemenangan bersama, serta terus memajukan Kemitraan Strategis Komprehensif antara kedua negara,” * tulis China Radio International.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *